MAKALAH STRATEGI PEMASARAN ES KRIM
Strategi
Pemasaran Es Krim
OLEH
:
IYAN MULYANA
FAKULTAS
PERTANIAN
PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
UNIVERSITAS
ANDI DJEMMA PALOPO
2015
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha
Esa karna rahmat
dan ridhoh-yalah sehingga kami dapat menyelesaikan makalah “MANAJEMEN PEMASARAN” ini dan tak lupa penulis haturkan selawat serta salam atas
junjungan alam Nabi Besar Muhammad S.A.W, yang telah membawa umat manusia dari
alam kegelapan menuju alam yang terang benderang
Kami
mengucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing yang telah memberi Tugas Makalah ini, walaupun jauh dari kesempurnaan,
penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun agar dalam
penyusunan laporan praktikum selanjutnya lebih
baik dan terima kasih kepada teman-teman yang telah membantu dalam pembuatan laporan
praktikum
ini.
Palopo 23 juni 2015
Penulis
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Semua manusia
membutuhkan makanan demi kelangsungan hidupnya, namun seiring dengan
berkembangnya waktu, makanan beralih fungsi sebagai salah satu kesenangan atau
kenikmatan dalam kehidupan. Misalnya es krim, berupa makanan beku dengan
beragam jenis rasa yang biasanya berfungsi sebagai makanan kecil di sela
makanan utama maupun pencuci mulut yang dapat dikombinasikan dengan jenis
makanan lain dalam menghidangkannya.
Menurut Standar Nasional Indonesia es
krim adalah “sejenis makanan semi padat yang dibuat dengan
cara pembekuan tepung es krim atau campuran susu, lemak hewani maupun nabati,
gula, dan dengan atau tanpa bahan makanan lain yang diizinkan”. Berdasarkan
pengertian tersebut, selain sebagai kegemaran dan kenikmatan, fungsi es krim
juga dapat bermanfaat untuk kesehatan. Dengan demikian sebagian besar
masyarakat lebih sering mengkonsumsi es krim, terutama pada musim kemarau.
Meningkatnya
kegemaran masyarakat terhadap es krim, menuntut produsen menghasilkan produk es
krim dengan kualitas yang baik dan juga sesuai dengan permintaan konsumen.
Salah satu produsen es krim yaitu PT. Walls Indonesia dibawah naungan Unilever, sebuah
perusahan multinasional yang berpusat di Inggris dan Belanda. Pada mulanya Walls dikelola secara
sederhana oleh pemiliknya yaitu Mr. Wall yang berasal dari Inggris, setelah diambil alih oleh Unilever
usaha ini berkembang pesat dan merambah hampir ke seluruh negara. Saat ini bendera Walls
sudah ada di 40 negara dan memimpin pasar es krim di negara-negara tersebut.
Indonesia merupakan negara
ke-31 yang dimasuki oleh Walls,
sebelum Cina, India, Pakistan, Arab dan Vietnam menurut (Soewono, 2005).
Tujuan
Maksud dan tujuan makalah ini untuk memperoleh gambaran dan
informasi mengenai strategi dalam pemasaran dikalangan masyarakat.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Defenisi ES KRIM (ice cream )
Es krim adalah
sejenis makanan semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim
atau campuran susu, lemak hewani maupun nabati, gula, dan dengan atau tanpa
bahan makanan lain yang diizinkan.
Es krim mempunyai nilai protein
tinggi selain vitamin dan mineral. Kandungan kalori yang tinggi dalam es krim,
diperoleh dari tingginya kadar kemanisan es krim karena penambahan gula
Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari
wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini
diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk - lekuk tajam
sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit).
Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya,
namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.
Sesungguhnya, tumbuhan dengan
nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. Namun demikian, yang
dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa - apa) biasanya adalah Durio
zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan
di pasar tempatan di Asia Tenggara di antaranya adalah lai (D. kutejensis), kerantungan(D. oxleyanus), durian kura - kura atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Untuk
selanjutnya, uraian di bawah ini mengacu kepada D. zibethinus.
Pada percobaan kali ini akan
dibuat es krim rasa durian. tahap yang dilakukan pertama kali yaitu memasak
gula pasir dan susu di atas api kecil dengan suhu 700C. penggunaan
gula di maksudkan sebagai pemanis. pemberian pemanis bertujuan memberikan
kekentalan serta mencapai total solid yang diinginkan sehingga dapat menurunkan
titik beku. penggunaan susu skim bertujuan
untuk memberikan tekstur lembut
pada es krim. tahap selanjutnya dilarutkan maizena dengan sedikit air hangat.
kemudian, larutan tersebut di campurkan kedalam campuran susu kemudian
dipanaskan kembali, diaduk secara terus menerus yang bertujuan agar adonan
dapat tercampur merata. penambahan maizena di maksudkan sebagai pengental dan penstabil pada adonan
es krim sehingga mengahasilkam olahan produk yang berkwalitas.
tahap selanjutnya, dikocok 5
butir telur hingga homogen kemudian di tambahkan dengan Whip Cream. penggunaan
whip Cream bertujuan sebagai pelembut dan pengembang adonan es krim sehingga di
hasillkan es cream yang lembut dan padat serta tidak memiliki pori-pori. Kuning
telur digunakan sebagai bahan pengemulsi agar lemak dalam susu terdispersi baik
dalam air sehingga tidak terjadi pemisahan fase lemak dan air selama
penyimpanan. lalu di tambahkann daging durian yang telah di haluskan. daging
durian bertujuan untuk memberi cita rasa pada es cream sehingga mempunyai rasa
durian yang kuat. tahap selanjutnya dimasukkan campuran susu ke dalam adonan
ini. Dikocok sampai homogen.Homogenisasi dimaksudkan untuk mengurangi semua
ukuran lemak menjadi ≤ 2 µm. tahap terakhir tuang campuran adonan ke dalam wadah
plastik dan masukkan ke dalam ruang pendingin (Freezer) hingga mengeras.
Pendinginan ditujukan untuk menjaga kualitas adonan dan membuat lemak dan
protein susu menjadi kristal dan bahan penstabil menyerap air bebas sebagai air
hidrasi.
Hasil pembuatan es krim yang
diperoleh Es cream yang memiliki tekstur
yang sangat halus dan lembut. Rasa durian yang menyegarkan didalam Es cream
hasil percobaan tersebut.
2.3 Strategi Pemasaran ES krim
1. Memanjakan konsumen sesuai kebutuhan
Sebagai produsen es krim Wall’s,
ternyata PT. Unilever Tbk bisa memanjakan para konsumennya sesuai dengan
kebutuhan mereka. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya varian rasa es krim
yang ditawarkan, kisaran harga yang beragam mulai dari ribuan rupiah hingga
puluhan ribu rupiah, bahkan sampai sengaja meluncurkan bermacam-macam ukuran
untuk memenuhi kebutuhan konsumen individu maupun kemasan besar untuk membidik
konsumen keluarga.
2. Membangun loyalitas konsumen dengan berbagai
macam hadiah
Jeli dalam melihat peluang dan cerdas
dalam menentukan strategi pemasaran. Inilah yang menjadikan produk es krim
Wall’s atau yang lainnya, dicintai para konsumennya. Meskipun pada umumnya
produk Wall’s bisa dinikmati semua kalangan masyarakat, namun untuk menjaga loyalitas konsumen yang notabene sebagian besar
anak-anak. PT. Unilever Tbk sengaja menawarkan beragam jenis hadiah langsung
bagi para konsumen yang membeli es krim walls produk tertentu dan dalam jumlah
pembelian tertentu. Strategi promosi ini bisa kita lihat dari program bagi-bagi
hadiah Wall’s dengan mengumpulkan stick es krim khusus produk Paddle Pop.
3. Memancing rasa penasaran konsumen
Tentu kita masih ingat sensasi iklan
Magnum (salah satu produk unggulan es krim Wall’s) yang beberapa waktu lalu
menjadi perbincangan hangat para konsumen karena keberadaannya sangat sulit
ditemukan di pasaran. Awalnya Magnum hanyalah produk varian dari Wall’s yang
ditujukan untuk segmen pasar orang dewasa, namun berkat iklan media elektronik
(televisi) yang dikonsep secara eksklusif, banyak konsumen yang mulai penasaran
mencicipi produk tersebut. Dari sinilah produsen Wall’s mulai membranding ulang
Magnum, dan dengan sengaja menarik Magnum dari peredaran ketika popularitasnya
berada di atas puncak. Keputusan ini tentunya sengaja mereka pilih, karena rasa
penasaran konsumen cukup mendukung jalannya strategi pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut).
4. Melakukan pendekatan melalui layanan delivery
order
Tak mau kalah bersaing dengan pelaku
bisnis kuliner lainnya, produsen es krim Wall’s kini mulai meluncurkan layanan
delivery order untuk memudahkan para konsumennya. Dengan menghubungi nomor
telepon 14080, kini konsumen dapat memesan sejumlah varian es krim Wall’s tanpa
harus repot-repot keluar rumah. Layanan ini tentunya sangat membantu para
konsumen dan memberikan kenyamanan bagi mereka yang ingin menikmati es krim
Wall’s setiap saat.
BAB III
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan percobaan yang
dilakukan, dapat disimpulkan bahwa :
1.
Es krim
adalah sejenis makanan semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es
krim atau campuran susu, lemak hewani maupun nabati, gula, dan dengan atau
tanpa bahan makanan lain yang diizinkan.
2.
Es krim
yang dihasilkan pada praktikum ini memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa
durian yang kuat.
DAFTAR PUSTAKA
http://bisnisukm.com/strategi-pemasaran-kreatif-ala-es-krim-walls.html
https://www.google.com/search?q=strategi+pemasaran+produk&ie=utf-8&oe=utf-8#q=strategi+pemasaran+es+krim
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
No comments :
Post a Comment